Rabu, 08 Oktober 2008

Perbedaan Shipping line & Forwarder

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagi cerita tentang perbedaan antara Perusahaan pelayaran dengan Forwarder.

Shipping Line adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan laut, dimana mempunyai dan mengoperasikan kapal nya sendiri atau pun secara konsorsium.

Forwarder adalah perusahaan penengah antara shipping line dengan direct customer.

Hal yang membedakan shipping line dan forwarder:
- Dari segi service:
Shipping line hanya menyediakan jasa port to port (CY-CY) artinya kewajiban dari pelayaran hanyalah mengangkut cargo dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain saja, sedangkan Forwarder dapat menyediakan jasa Door - Door service, artinya Forwarder bisa menyediakan full service untuk si customer, termasuk di sana pengangkutan darat menggunakan truck container dari gudang/pabrik ke pelabuhan origin sampai ke pabrik/gudang si pembeli di luar negri. Service ini dapat di laksanakan tentunya bila pihak Forwarder memiliki jalinan kerja sama dengan agen di luar negri.

- Dari segi pembayaran:
Umumnya pihak Shipping Line agak kurang flexible dalam hal pembayaran, dimana biasa nya pelayaran menggunakan sistem cash against document, sedangkan di Forwarder biasanya mereka lebih cenderung flexible, dimana mereka dapat memberikan credit term kepada customer.

- Dari segi value added service:
Umunya pelayaran mengharuskan customer untuk mengambil dokumen (Bill of Ladding) di kantor pelayaran, sedangkan pihak Forwarder biasanya memberikan value added dengan mengantarkan dokumen ke kantor customer.

Illustrasi:
Shipping line dapat di illustrasikan sebagai perusahaan penerbangan seperti Garud* Indonesia, dan Forwarder dapat di asumsikan sebagai para travel agent yang menjual tiket pesawat terbang.

1 komentar:

Adams Young mengatakan...

I’ve been surfing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me. In my opinion, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before. Shop From UK